Samsat Keliling Mudahkan Warga Bayar Pajak

Untuk memudahkan warga masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor, Samsat Indramayu menggelar layanan keliling pembayaran pajak secara mobile di berbagai wilayah di Kabupaten Indramayu.

Seperti yang terlihat di Kantor Desa Larangan, Kecamatan Lohbener Rabu (30/08/2017) warga masyarakat menyerbu untuk bayar pajak secara langsung kepada loket pembayaran yang ada di mobil Samsat Keliling.

Salah satu warga yang ikut mengantri untuk membayar pajak tersebut adalah Wakil Bupati Indramayu H. Supendi yang membayar pajak kendaraan bermotor senilai Rp. 780.000,- untuk tahun 2017 ini.

Wakil Bupati Indramayu H. Supendi menyambut baik adanya layanan mobil Samsat keliling tersebut, pasalnya hal ini dapat menggenjot penerimaan pendapatan daerah yang berasal dari pajak yang pada akhirnya bisa menaikan volume APBD Indramayu.

“Samsat keliling ini sebagai upaya untuk mempermudah masyarakt dalam membayar pajak. Namun yang perlu disadari oleh masyarakat secara keseluruhan bahwa dari pajak yang dibayar tersebut adalah sebagai bahan pembiayaan untuk pembangunan,” tegas wabup.

Sementara itu Kepala Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Provinsi Wilayah Kabupaten Indramayu I / Samsat Indramayu, Islam Widya Hikmat menjelaskan, setiap hari pihaknya menjalankan Samsat keliling ke berbagai wilayah di Kabupaten Indramayu.

“Tunggakan pajak di Kabupaten Indramayu ini sekitar 40 persen, maka kami ingin jemput bola agar masyarakat membayarkan pajaknya. Dari 300 ribu kendaraan sekitar 80 ribu masih menunggak pajak. Rata-rata per hari dari satu lokasi Samsat keliling ini bisa melayani 100 orang,” kata Islam. DENI SANJAYA / Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Indramayu