BJB dan Komisi I DPR RI Apresiasi Desa Cangkingan Sebagai Pelopor Desa Digital di Indramayu

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

DISKOMINFO INDRAMAYU – Bank Jabar Banten (BJB) dan Komisi I DPR RI mengapresiasi tranformasi digitalisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Cangkingan Kecamatan Kedokan Bunder. Pasalnya, Desa Cangkingan merupakan desa pelopor dalam melaksanakan program Lebu – Digital (Le-Dig) atau Desa Digital di Kabupaten Indramayu.

Apresiasi yang diberikan yaitu dengan menggelar kegiatan Literasi Digital yang diikuti oleh ratusan masyarakat Desa Cangkingan, Jum’at (4/8/2023) yang dihadiri juga anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono dan Bupati Indramayu Nina Agustina serta jajaran manajemen BJB.

Bupati Indramayu Nina Agustina mengatakan, salah satu dari 10 (sepuluh) program unggulan yakni Lebu Digital merupakan terobosan penting dalam tata kelola pemerintahan terutama pemerintah desa. Dengan Lebu Digital juga pemerintah desa harus bisa memberikan layanan publik secara cepat dan mudah serta mampu melakukan pemberdayaan masyarakat dengan menggali berbagai potensi dan keunggulan yang dimilikinya.

Menurut Nina, Desa Cangkingan Kecamatan Kedokan Bunder sebagai desa pertama yang melaksanakan program Lebu Digital telah banyak melahirkan berbagai inovasi. Inovasi tersebut harus bisa ditularkan ke desa-desa lainnya.

“Inovasi yang ada di Desa Cangkingan ini silakan bisa jadi bahan referensi bagi desa lainnya di Kabupaten Indramayu untuk menyempurnakan program Le-Dig yang sudah berjalan saat ini,” tegas Nina.

Sementara itu anggota Komis I DPR RI, Dave Laksono mengatakan, dengan digitalisasi desa diharapkan makin mempermudah kehidupan masyarakat desa terutama dalam mengembangkan usahanya.

“Masyarakat yang punya usaha dan potensi lainnya bisa langsung bertemu dengan pembeli secara langsung melalui marketplace. Ini untuk memotong jalur distribusi tanpa harus melalui pengepul ataupun distributor. Sehingga masyarakat memiliki daya tawar yang tinggi,” ungkap Dave.

Sementara itu Pimpinan Cabang BJB Indramayu, Asep Wahyu Ismail mengatakan, pihaknya terus berkomitmen untuk mensupport berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Indramayu.

BJB siap bekerjasama dengan pemerintah desa yang siap mengembangkan Internet Banking Corporate (IBC). Dalam program ini, BJB melakukan digitalisasi terhadap transaksi keuangan pemerintah desa dan lainnya. (Aa Deni/Diskominfo)

PERDA DAN PERBUP APBD 2024
BKD Indramayu Gelar Entry Meeting Pemeriksaan Interim BPK RI Provinsi Jawa Barat
Pajak Rp33,9 Miliar dari Kilang RU VI Sudah Dibayar, Bupati Nina: Terima Kasih Pertamina
BKD melakukan kolaborasi dengan KPP Pratama tentang Validasi PPH dan BPHTB
Tingkatkan Pajak Daerah, Pemkab Indramayu Gandeng Kejari Indramayu
Bupati Indramayu Hadiri Paripurna Hari Jadi Ke 492 Menggunkan Becak Hias
Opini WTP Ke 4 untuk Pemerintah Kabupaten Indramayu
Bupati Indramayu Resmikan Proyek Hasil Pembangunan Tahun 2019
DI TENGAH PANDEMI COVID 19, PAJAK RESTORAN BERHASIL MELAMPAUI TARGET TRIWULAN II TAHUN 2021
BLT Dana Desa Bulan ke-2 Cair Sebesar Rp 9,4 Miliar
Scroll to Top