Kegiatan Jumsih di Badan Keuangan Daerah : Aplikasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama – sama oleh suatu komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Germas merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.  Karena itu, pemerintah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Pemerintah Kabupaten Indramayu telah menindaklanjuti terbitnya Inpres tersebut dengan mengeluarkan Surat Edaran Bupati Indramayu Nomor : 440/240.b/Dinkes Tanggal : 20 Februari 2018 tentang Pelaksanaan Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, bahwa setiap unit – unit Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu memberikan dukungan untuk melaksanakan Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, diantaranya yaitu :

  1. Melaksanakan olaharaga/senam bersama secara rutin setiap Hari Jum’at setelah apel pagi;
  2. Pemeriksaan Kesehatan secara berkala per 3 (tiga) bulan sekali, yaitu pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan kolesterol; timbang badan; pengukuran lingkar perut;
  3. Melakukan operasi bersih di Lingkungan Perangkat Daerah masing – masing;
  4. Menyertakanan makanan/olahan makanan dari bahan sayur dan buah untuk konsumsi/snack apabila ada kegiatan.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Indramayu, Drs. RINTO WALUTO, M.Pd telah menginstruksikan kepada seluruh pegawai Badan Keuangan Daerah untuk mengimplementasikan surat edaran Bupati Indramayu tersebut setiap hari Jum’at sehingga dinamakan Jum’at Bersih.

Dan, setiap hari Jum’at, para pegawai telah melakukan operasi bersih dengan membersihkan, menata, dan merapikan tempat bekerja masing – masing, sehingga kenyamanan bekerja akan tetap terjaga. Tak memandang eselon maupun golongan, semua saling bekerjasama membersihkan lingkungan.

Yang terakhir, seperti pepatah populer,  “Mensana in Corpore Sano : di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, semoga kita dapat terus meningkatkan kesehatan untuk masa depan yang lebih baik. Semangat!!!!

 

PERDA DAN PERBUP APBD 2024
BKD Indramayu Gelar Entry Meeting Pemeriksaan Interim BPK RI Provinsi Jawa Barat
Pajak Rp33,9 Miliar dari Kilang RU VI Sudah Dibayar, Bupati Nina: Terima Kasih Pertamina
BKD melakukan kolaborasi dengan KPP Pratama tentang Validasi PPH dan BPHTB
Tingkatkan Pajak Daerah, Pemkab Indramayu Gandeng Kejari Indramayu
Bupati Indramayu Hadiri Paripurna Hari Jadi Ke 492 Menggunkan Becak Hias
Opini WTP Ke 4 untuk Pemerintah Kabupaten Indramayu
Bupati Indramayu Resmikan Proyek Hasil Pembangunan Tahun 2019
DI TENGAH PANDEMI COVID 19, PAJAK RESTORAN BERHASIL MELAMPAUI TARGET TRIWULAN II TAHUN 2021
BLT Dana Desa Bulan ke-2 Cair Sebesar Rp 9,4 Miliar
Scroll to Top