Sosialisasi SP2D Online di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu

Facebook
Twitter
WhatsApp
Email

Sebagai perwujudan pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel dan menciptakan birokrasi yang bersih dan efisien terutama dalam pengelolaan keuangan daerah, Badan Keuangan Daerah Kab. Indramayu telah melaksanakan Sosialisasi SP2D online di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu. Dengan aplikasi SP2D ini, pemerintah daerah dalam hal ini BUD, dapat melakukan proses pencairan langsung dan kontrol informasi kas daerah menggunakan browser tanpa harus datang ke kantor Bank Jabar Banten.

Awal mula diputuskan menggunakan aplikasi ini dikarenakan :

  • Pencairan SP2D masih menggunakan metode manual, rekonsiliasi harian dilakukan dengan face to face oleh BUD dengan Bank Jabar Banten;
  • Pencairan SP2D masih menggunakan berkas sebagai bahan verifikasi;
  • Adanya kesulitan untuk melakukan verifikasi nomor rekening dan nama rekening penerima;
  • Resiko pemalsuan berkas lebih tinggi.
    Layanan aplikasi SP2D Online adalah saluran distribusi elektronik yang di kembangkan Bank Jabar Banten untuk melakukan aktifitas terhadap rekening kas daerah berupa mutasi atau pemindahbukuan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) langsung ke rekening pihak ketiga.

    Pemerintah Daerah memperoleh informasi setiap aktifitas transaksi penerimaan daerah secara realtime dalam kaitannya dengan efisiensi dan efektifitas pengelolaan kas daerah secara transparan dan akuntabel.

    Sosialisasi Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Online di gelar Aula Badan Keuangan Dearah Kabupaten Indramayu, Selasa 24 April 2018 yang dipimpin oleh Kepala Bidang Perbendaharaan H. Yus Rusmiadi.

    Informasi keuangan dapat diakses dengan cepat dan akurat sehingga dapat menghemat waktu dan meringkas proses kerja.

    Selama ini pemerintah daerah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (SIMDA) yang dikembangkan BPKP dan aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) yang dikembangkan Kementerian Dalam Negeri.

    Kedua sistem tersebut cukup diintegrasikan dengan sistem SP2D Online melalui aplikasi interface yang akan memberikan keuntungan proses pencairan SP2D lebih cepat, akurat dan valid tanpa harus melakukan dua kali input pada dua aplikasi sistem diatas.

    Dengan SP2D Online, segala dokumen di kirimkan melalui jaringan internet dengan cepat dan diharapkan pelayanan dan kinerja kualitas pengelolaan keuangan semakin meningkat.

PERDA DAN PERBUP APBD 2024
BKD Indramayu Gelar Entry Meeting Pemeriksaan Interim BPK RI Provinsi Jawa Barat
Pajak Rp33,9 Miliar dari Kilang RU VI Sudah Dibayar, Bupati Nina: Terima Kasih Pertamina
BKD melakukan kolaborasi dengan KPP Pratama tentang Validasi PPH dan BPHTB
Tingkatkan Pajak Daerah, Pemkab Indramayu Gandeng Kejari Indramayu
Bupati Indramayu Hadiri Paripurna Hari Jadi Ke 492 Menggunkan Becak Hias
Opini WTP Ke 4 untuk Pemerintah Kabupaten Indramayu
Bupati Indramayu Resmikan Proyek Hasil Pembangunan Tahun 2019
DI TENGAH PANDEMI COVID 19, PAJAK RESTORAN BERHASIL MELAMPAUI TARGET TRIWULAN II TAHUN 2021
BLT Dana Desa Bulan ke-2 Cair Sebesar Rp 9,4 Miliar
Scroll to Top