Visi Misi

Visi dan Misi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih merupakan serangkaian pandangan dan harapan yang ingin diwujudkan pada kondisi seluruh aspek di Kabupaten Indramayu dimana misi menjadi langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai visi tersebut.

1. VISI

Visi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Indramayu Tahun 2021 – 2026 adalah “ INDRAMAYU BERMARTABAT (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat)

  • Bersih, Pemerintahan yang tulus, Ikhlas dan Suci. Transparan dalam pengelolaan dan penataan pemerintahan
  • Religius, Bermakna bahwa nilai – nilai agama mendasarisetiap sikap dan perilaku dalam pengelolaan dan penataan pemerintah.
  • Maju,diartikan bahwa masyarakat indramayu  cerdas, terampil, bergerak dinamis, kreatif, inovatif serta tangguh menghadapi tantangan, yang ditandai dengan pertumbuhan penduduk yang kecil, angka harapan hidup yang tinggi dan kualitas pelayanan sosial yang lebih baik dan produktifitas makin tinggi.
  • Adil, Keadaan yang dicirikan dengan sifat perbuatan dan perlakuan yang adil dalam pengambilan keputusan / kebijakan yang diskriminatif serta keberpihakan yang menguntungkan kelompok masyarakat dan atau golongan tertentu.
  • Makmur, Kehidupan masyarakat yang layak merupakan hak mutlak dari masyarakat Indramayu. Terbebasnya masyarakat dari kemiskinan, merupakan kewajiban mutlak yang harus diutamakan oleh Pemerintah Daerah.
  • Hebat, Terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih ( Good Governence dan Clean Governence ), daya saing daerah yang tinggi sehingga mampu lebih unggul dibandingkan dengan daerah lain, masyarakat yang berkualitas dalam pendidikan, maju dalm ilmu pengetahuan dan teknologi, tanggap dan responsif dalam mensikapi tantangan global. .

2. MISI

Misi yang diusung adalah : TUJUH PENATAAN MULIA dan JAYA . Adapun MISI yang akan ditempuh untuk mencapai VISI tersebut :

  1. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang melayani, melindungi, bersih, bebas korupsi, kolusi, nepotisme, transparan, akuntabel, profesional, dan demokratis.
  2. Meningkatan pelayanan kehidupan beragama, kepercayaan, pemahaman, dan pengamalan agama, serta kerukunan hidup antar umat beragama dan budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
  3. Terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan, dan papan, dalam jumlah serta kualitas yang memadai dan merata.
  4. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang layak sebagai upaya penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan sumber daya sehingga mampu berdikari.
  5. Meningkatkan pelayanan pendidikan, Kesehatan, dan pertumbuhan ekonomi.
  6. Peningkatan pelaksanaan pembangunan di segala bidang sehingga terpenuhinya kebutuhan masyarakat secara adil dan merata.
  7. Mewujudkan Indramayu sebagai daerah yang unggul dan memiliki daya saing melalui kemandirian ekonomi berbasis sumber daya alam dan pengembangan industri pertanian, perikanan, dan migas.